Share it

Np

Selasa, 15 November 2011

Komputer Masa Kini Dan Yang Akan Datang

Komputer Masa Kini Dan Yang Akan Datang

Posted by life is goal on 14:49
Perkembangan komputer masa kini begitu cepat dan semakin mudah digunakan oleh banyak kalangan. Setelah melewati sederetan perjalanan panjang, komputer dimasa sekarang ini lebih maju ketimbang dengan pendahulunya. Setelah tabung hampa, dan ditemukannya IC, perkembangan komputer begitu pesat. Salah satu contoh nyata bahwa perkembangan komputer begitu cepat adalah saat dimana sebuah perusahaan terkemuka yaitu Intel Corporation memperkenalkan sebuah prosesor intel pentium1 yang kemudian disusul dengan pentium 2, pentium 3, dan pentium 4. Dengan dikeluarkannya prosesor tersebut dapat membuktikan bahwa memang dari waktu ke waktu perkembangan komputer sangatlah besar. Pentium itu sendiri adalah generasi kelima dari arsitektur prosesor mikro x86 buatan Intel Corporation, yang desainnya dibuat oleh Vinod Dham. Pentium merupakan penerus dari jajaran prosesor 486, dan mulai dijual ke pasaran pertama kali pada tanggal 22 Maret 1993. Nama asli (kode) Pentium adalah 80586 atau i586, untuk mengikuti penamaan generasi sebelumnya.




Pentium merupakan prosesor pertama dari Intel yang menggunakan arsitektur superskalar, sehingga walaupun Pentium merupakan prosesor yang bersifat CISC (Complex instruction-set computing atau Complex Instruction-Set Computer/Kumpulan instruksi komputasi kompleks), Pentium dapat bekerja seperti layaknya prosesor RISC (Reduced Instruction Set Computing atau Komputasi Kumpulan Instruksi yang Disederhanakan), meskipun pada saat itu belum ada aplikasi yang mampu mengutilisasinya.
Apalagi belum lama ini, Intel memperkenalkan prosesor intel dual core, core2duo, dan core2quad. Hal ini dapat menarik minat masyarakat untuk beralih menggunakan komputer dalam bekerja, belajar, dan lainnya karena semuanya bisa menjadi mudah.
Tidak hanya Intel yang berperan tapi juga ada Apple dan AMD yang bergerak dalam hardware seperti prosesor.

Namun sekarang ini komputer telah berkembang, komputer tidak lagi hanya berupa desktop namun juga sudah berupa notebook/laptop ( komputer jinjing ) dan juga PDA ( seperti telepon genggam).

Nah, kalau kita bicara tentang perkembangan teknologi komputer masa kini, di dunia ini ada beberapa komputer yang bukan sembarang komputer, namun ini adalah super komputer. Tidak semua orang bisa memilikinya dikarenakan tidak hanya biaya untuk memperolehnya sangatlah besar namun juga karena super komputer ini memerlukan perawatan khusus. Ada beberapa super komputer di dunia ini, yaitu di Jepang, Jerman, Inggris, Perancis, Cina, Korea, Amerika, Columbia, dll (setahu saya :)).




Super komputer milik IBM yang berada di Amerika di claim memecahkan rekor sebagai super komputer tercepat di dunia. Super komputer ini dibuat dari komponen yang sebenarnya didesain untuk video game. Saking cepatnya, komputer ini mampu menyelesaikan 1.026 quadrilion perhitungan perdetik. 1 quadrilion berarti sama dengan 100.000.000.000.000 dan berada di atasnya triliyun.
Super komputer ini menjadi yang tercepat setelah mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yakni BlueGene/L milik Laboratorium Lawrenca Livermore (di AS juga) . Super komputer baru ini diberi nama Roadrunner, setelah dibangun dengan dana $133 juta dolar AS, super komputer ini akan ditempatkan di Laboratorium Nasional Los Alamos dan akan digunakan untuk melakukan perhitungan dan keperluan militer yang lain.

Saking extremnya kecepatan Roadrunner ini, dapat digambarkan dengan jika 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan kalkulator tangan dan melakukan perhitungan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, maka akan membutuhkan waktu 46 tahun untuk dapat melakukan perhitungan yang setara dengan yang dapat dilakukan roadrunner selama 24 jam.

Namun Kini IBM telah membuat super komputer baru lagi. Namanya adalah Sequoia. Super komputer baru ini akan memiliki kemampuan 20 petaflops per second. Sebagai gambaran, Roadrunner memiliki kemampuan memproses sebesar 1.026 quadrilion flop persekon (kurang lebih 1 Peta Flop per second). Nah, bagaimana dengan Sequoia, tentunya kecepatan pemrosesannya 20 kali lebih cepat dari pada road runner tersebut. Atau jika 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan kalkulator tangan dan melakukan perhitungan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, maka akan membutuhkan waktu 920 (46×20) tahun untuk dapat melakukan perhitungan yang setara dengan yang dapat dilakukan Sequoia selama 24 jam.

Selain dapat mengerjakan perhitungan dengan cepat, sequoia juga menyerap energi sangat besar yaitu setara dengan energi yang dibutuhkan untuk menghidupi 200 juta laptop.

Karena besarnya energi yang diserap, sampai-sampai untuk mendinginkan Sequoia ini dibutuhkan 96 Mesin Pendingin (semacam AC) berukuran besar untuk menjaga suhu tetap optimum dan super komputer ini membutuhkan ruangan berukuran 318 meter persegi sebagai penyimpanannya.

Super komputer ini akan siap diluncurkan (rencananya) pada tahun 2011 dan akan diserahkan ke Departemen energi Amerika Serikat. Nantinya komputer paling hebat di dunia (sampai saat ini) ini akan digunakan untuk mensimulasikan pengujian nuklir, memperkirakan cuaca dengan lebih baik atau untuk explorasi minyak.

Perlombaan dalam teknologi super komputer sepertinya akan terus berlanjut. Setelah Road runner milik Amerika menjadi yang tercepat di Dunia, kini giliran Saudi Arabia yang akan membangun super komputer tercepat di Timur Tengah. Super Komputer ini rencananya akan dibangun atas kerjasama The King Abdullah University for Science and Technology (KAUST) dengan IBM. Di Timur tengah, super komputer ini memang akan menjadi yang tercepat, tapi di dunia hanya akan menjadi peringkat ke enam.

Nah, sekarang kembali lagi ke komputer biasa aja. Komputer yang sering dipakai para pegawai untuk bekerja, komputer yang dipakai pelajar untuk menambah ilmu dan mengerjakan tugas, dan komputer yang dipakai banyak orang untuk melakukan banyak hal :). Komputer yang banyak dipakai saat ini adalah jenis desktop dan laptop/notebook.

Spesifikasi di komputer desktop saat ini sangat berbeda dengan komputer desktop dibawah tahun 2000. Spesifikasi standar komputer saat ini adalah komputer dengan prosesor core ganda seperti dual-core, core 2 duo, ataupun core 2 quad yang jelas kecepatannya sangat berbeda dengan komputer jadul (Jaman dulu) ketika tahun 1998 komputer menggunakan prosesor intel pentium 3 sudah hebat. Begitu juga dengan RAM (memory), saat ini sudah menggunakan DDR2 yang jelas ini lebih bagus dan lebih cepat ketimbang model yang sebelumnya seperti DDR1, SDRam, RDRam dll. Dahulu menggunakan VGA dengan memory 32 mb sudah bagus namun sekarang sangatlah tidak memenuhi karena sistem operasi dan software saat ini tidak mendukung VGA dengan memory 32 mb kecuali bila masih menggunakan sistem operasi dan software yang lama. Dalam hal transfer data, sekarang ini jauh lebih mudah karena komputer saat ini mendukung transfer data dengan menggunakan USB (Universal Serial Bus).
USB adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti ponsel dan PDA. USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika device dipasang di USB, ia langsung dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.

USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital. Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2.0. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:
1. High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.
2. Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.
3. Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.

Namun seiring bergantinya waktu dan semakin berkembangnya teknologi, kebanyakan orang orang beralih menggunakan laptop/notebook karena lebih efisien. Apalagi dengan menjamurnya hotspot area yang memungkinkan para pengguna laptop untuk berinternet ria secara gratis walaupun ada juga yang berbayar. Hal ini semakin membuktikan kejayaan desktop personal computer (PC) akan segera berakhir. Tanda-tanda bakal runtuhnya pamor produk yang selama ini menguasai pasar itu terlihat pada pameran perangkat elektronik internasional yang digelar di Las Vegas awal tahun ini dan berbagai pameran elektronik di Indonesia. Mobilitas orang kini semakin tinggi dan mereka tidak ingin terkekang oleh meja mereka lagi. Di sisi lain, komputer jinjing ini disebut - sebut memiliki kemajuan paling cepat. Hebatnya lagi, perangkat tersebut juga semakin pandai berkomunikasi, hemat pemakaian energi, bentuk yang kian cantik, kinerja seperti sebuah desktop, umur baterai yang lebih panjang, dan mudah terhubung secara nirkabel di mana pun dan kapan pun.

Memang perkembangan komputer begitu cepat dalam kurun waktu yang tidak begitu lama sejak ditemukannya IC. Namun mungkinkah teknologi komputer saat ini tidak lagi menggunakan kabel? Sangat mungkin. Sebagai contoh, sekarang ini sudah ada mouse dan keyboard wareless sound/speaker aktif yang juga tanpa kabel bisa terhubung dengan komputer. Bahkan baru baru ini, ASUS sebuah perusahaan ternama yang bertempat di Jerman mengeluarkan monitor LCD nirkabel ramah lingkungan sengan konsumsi energi yang lebih hemat. Nah, dengan begitu bukan tidak mungkin lagi kalau nantinya kabel akan ditinggalkan dan beralih menjadi nirkabel.

Kalau sudah bicara nirkabel, saat ini sedang hangat hangatnya pembicaraan tentang produk baru yang bernama UMPC atau Ultra Mobile PC.

Yaitu sebuah komputer portable menyerupai laptop namun perbedaannya terletak pada layarnya yang harus digeser dahulu sebelum membukanya bahkan melepasnya. Intel pun bekerja mati-matian untuk mengembangkan perangkat impian itu. Produsen mikro prosesor asal Amerika Serikat itu meluncurkan lima chip canggih untuk laptop. Salah satunya dikenal dengan nama Menlow. Inilah prosesor yang akan menjadi otak ultra mobile PC terbaru.

Sejumlah korporasi di bidang teknologi lain, seperti Samsung, iRiver, Lenovo, LG, dan Toshiba, juga tak mau ketinggalan. Toshiba, misalnya, memamerkan komputer portabel yang cukup tipis–setebal buku tulis–yang mampu mengoperasikan sistem Windows Vista.

Ada lagi yang lebih menggembirakan dalam dunia teknologi, khususnya perkembangan komputer. Pernah lihat film Iron Man? Nah... dalam film itu digambarkan oleh pemeran utamanya ketika mendesain baju robot menggunakan sebuah komputer. Lalu apakah itu nyata? Jawabannya, "pasti" akan menjadi kenyataan.

Sedikit bocoran, Sekarang saja Microsoft sudah membuat prototype komputer masa depan dan sedang menyempurnakannya. Komputer ini dinamai Microsoft Surface. Dalam teknologi ini, seumpama kita mempunyai sebuah kamera digital dan sebuah telepon genggam/ponsel yang telah memiliki dukungan wareless, nah, setelah kita memotret benda/seseorang dengan kamera tadi, kemudian kamera itu kita letakkan di atas sebuah monitor sentuh atau touchscreen yang menyerupai meja. Setelah ditaruh, kemudian akan muncul gambar benda atau wajah yang telah kita potret tadi di dalam layar tanpa kita memindahkannya. Kemudian dengan teknologi ini, gambar tersebut bisa diperbesar, diperkecil, dibolak-balik dengan menggunakan tangan. Dan yang lebih seru lagi. Letakkan sebuah ponsel tadi di atas meja itu. Geser gambar dimonitor tersebut ke arah ponsel. Dan seketika itu pula gambar sudah berpindah ke memory card ponsel kita tanpa kita memegang ponsel itu. Demonstrasi yang dilakukan oleh microsoft ini tadi dapat juga di lihat di situs Youtube dengan url :


• http://www.youtube.com/watch?v=-2Kn2HKCWqs


• http://www.youtube.com/watch?v=rKgU6ubBgJA

Tidak hanya itu, Microsoft kembali membuat sebuah video konsep yang memperlihatkan peran teknologi di dunia ini mulai 10 tahun dari sekarang yaitu tepatnya di tahun 2019. Video berjudul "Microsoft's Future Vision Series: Microsoft's 2019 Future Vision Montage: Envisioning the Future HD"


• http://www.youtube.com/watch?v=UHVjPCMEtts


• http://www.youtube.com/watch?v=peSYlJlg14E

ini memperlihatkan dunia di mana percakapan antar dua orang yang berbeda bahasa bisa sangat mudah berkat sebuah dinding yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dengan siapapun di seluruh dunia tanpa peduli bahasa yang digunakan. Dalam video ini juga memperlihatkan dunia di mana perangkat lunak dapat membuat kita lebih mudah untuk berkolaborasi, berbagi ide dan membawa informasi ke mana saja.

Dari video ini, sepertinya Microsoft percaya bahwa teknologi layar sentuh akan menjadi alat input utama. Video tersebut juga memperlihatkan bagaimana seharusnya isi berita dalam koran ditampilkan.

Saat Microsoft memimpikan masa depan, hasilnya memang tidak pernah mengecewakan. Itu karena Microsoft memiliki banyak karyawan bertalenta tinggi dan menginvestasikan dana yang sangat besar. Berikut video yang diperlihatkan oleh presiden divisi bisnis Microsoft Stephen Elop dalam konferensi Wharton Business Technology,

Jadi dengan demikian adegan salah seorang pemeran dalam film Iron Man saat mendesain sebuah baju robot itu bisa saja terwujud. Dan mungkin juga seperti itulah komputer masa depan. Dengan demikian dapat kita bayangkan nantinya dunia ini seperti apa....? Tapi bagaimana dengan Indonesia? Yang pasti kita dan generasi peneruslah penentunya.

sumber : http://viruspintar.blogspot.com/2009/04/komputer-masa-kini-dan-yang-akan-datang.html#ixzz1JRShhsTY

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar